Desa Tanjung Punak Terpilih Juara l Kategori Desa Wisata Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023

Pekanbaru, DEARYJURNAL.COM – Nama Kabupaten Bengkalis kembali harum di Provinsi Riau, malam ini (2/12/2023) Desa Wisata Tanjung Punak Kecamatan Rupat Utara berhasil sabet Juara I Desa Wisata Riau Tahun 2023.

Dalam Lomba Wisata kali ini merupakan prestasi dua tahun berturut-turut, karena pada tahun 2022 Desa Wisata Bukit Batu berhasil mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis di kancah nasional.

Penganugerahan Desa Tanjung Punak sebagai juara I Desa Wisata, di berikan oleh Gubernur Riau melalui Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rahmad, dalam rangkaian kegiatan Apresiasi Desa Wisata Riau Tahun 2023, bertempat di Pusat Wisata Kuliner Riau Garden Jalan HR. Soebrantas Pekanbaru.

Desa Tanjung Punak Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis, berhasil mengungguli Desa Pebaun Hilir Kabupaten Kuantan Singingi sebagai Juara II dan Desa Koto Ruang Kabupaten Rokan Hulu sebagai Juara III dalam kegiatan tersebut.

Dalam arahannya, Roni Rahmad mewakili Gubernur Riau menyampaikan bahwa hasil penilaian adalah murni dilakukan oleh Dewan Juri Lomba yang terdiri dari berbagai elemen pariwisata, seperti Direktur Sekolah Tinggi Pariwisata Riau, Asesor Tingkat Nasional dan Praktisi Pariwisata.

Roni juga berharap agar desa-desa yang ada di Provinsi Riau untuk terus membangun dan berinovasi dalam membangun desa wisata, agar nantinya akan banyak desa wisata yang ada di negeri Melayu ini.

Sementara itu Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Pariwisata, Alwizar usai menerima penghargaan menyampaikan ucapan selamat dan tahniah kepada Asri kades Desa Tanjung Punak..

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentunya kita bangga akan prestasi ini, untuk itu ucapan selamat dan tahniah kita berikan kepada Desa Tanjung Punak atas prestasi dan inovasinya sebagai juara I Desa Wisata Tingkat Provinsi Riau.” Ujar Alwizar.

Keberhasilan Desa Tanjung Punak sebagai Desa Wisata tahun 2023 dan Desa Bukit Batu pada tahun 2022 yang lalu, semoga dapat memotivasi desa-desa lainnya di negeri ini untuk terlibat dan berinovasi menjadikan desa mereka sebagai desa wisata.

Kedepannya, sesuai dengan fungsi kami Dinas Parbudpora sebagai regulator dan fasilitator pariwisata di daerah, kami siap bersinergi dengan semua desa dan siap melakukan pendampingan serta pembinaan agar desa wisata kita bisa berprestasi dan bersaing ditingkat nasional.

“Apalagi di Kabupaten Bengkalis dimasa kepemimpinan Ibu Bupati Kasmarni, membuat kebijakan strategis melalui program bantuan keuangan khusus 1 miliar 1 desa BERMASA bertujuan agar desa dapat terus bergeliat membangun desanya, terciptanya desa mandiri, maju dan sejahtera ini dapat digunakan untuk membangun sektor pariwisata di desa yang bersifat investasi jangka panjang” papar Alwizar secara panjang lebar.

Hadir pada penyerahan penghargaan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Tokoh-Tokoh Masyarakat dan Penggiat Pariwisata Provinsi Riau dan Pertamina Hulu Rokan.

Komentar