Inovatif SDN 26 Mandau Gelar Acara Karya Siswa, Mamfaatkan Barang dari Sampah

MANDAU, DEARYJURNAL.COM – Sekolah Dasar Negeri 26 Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis pada Kamis 26 Mei 2024 melaksanakan kegiatan gelar karya Siswa-siswi di halaman sekolahnya.

Di awali oleh protokol Mardiana dan Maryanum, Ketua panitia pelaksana kegiatan gelar karya siswa SDN 26 Mandau, Surti, S.Pd., SD dalam sambutannya mengatakan, sejumlah rangkaian kegiatan gelar karya siswa ini ada yang terpenting diantara yang penting semua yaitu, salah satu tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan kantin sehat sekolah kita,”urainya.

Kepala Sekolah SDN 26 Mandau Yarmiati, R, S.Ag dalam kata sambutannya menyampaikan, diadakannya kegiatan gelar karya siswa bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat,

“Dengan adanya kegiatan gelar karya ini semua sampah atau barang-barang rongsokan yang terpakai akan dijadikan sebuah karya untuk bernilai ekonomis,”sebutnya.

Pada kesempatan ini, Pengawas Sekolah Anwar Spd dalam kata sambutannya mengutarakan, kegiatan gelar karya SDN 26 Mandau ini layak dapat pujian yang sangat tinggi kepada seluruh majelis guru dalam berkerjasama kekompakannya dan mampu mengadakan kegiatan gelar karya siswa yang luar bisa ini, juga perlu kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kepala Sekolah SDN 26 Mandau.

Lanjut pengawas,” sekolah SDN 26 Mandau ini juga dipandang perlu adanya dukungan dari pemerintah dan semua pihak untuk memberikan bantuan hibah anggaran dalam kegiatan gelar karya siswa yang berkelanjutannya.

Terpantau hadir dalam kegiatan gelar karya siswa SDN 26 Mandau dianyaranya, Kepala Kelurahan Pematang pudu yang diwakioi oleh Sekretaris Kelurahan, Ketua Komite Junizar, Pelaksana kegiatan Gelar Karya Febridasari SPd yang dibantu oleh Rohani Spd.,SD dan Nonon Febrina, SPd., SD, serta Kepala Sekolah SDN 51 Mandau juga seluruh majelis guru dan para orang tua siswa.

Seusai kegiatan gelar karya siswa, Kepala Koordinator Satuan Pendidikan SDN 26 Mandau Yarmiati, R, S.Ag yang dampingi oleh Ketua panitia pelaksana kegiatan gelar karya siswa, Surti, S.Pd., SD mengatakan, Tujuan pelaksanaan kegiatan gelar karya ini adalah, untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka dan project penguatan profil pelajar pancasila, SDN 26 Mandau pada Kamis 30 Mei 2024 melaksanakan kegiatan Gelar Karya di halaman sekolahnya.

Kegiatan tersebut merupakan dua elemen penting dalam pendidikan di Indonesia saat ini, implementasi kurikulum merdeka memberikan ruang bagi sekolah untuk merdeka dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan konteks nya masing-masing.

Sedangkan P5 berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi siswa yang sejalan dengan profil pelajar pancasila. Kurikulum merdeka merupakan pendekatan pendidikan inovatif yang memberikan kebebasan kepada peserta didik, untuk memilih dan mengembangkan minat bakat mereka sendiri.

Melalui kegiatan gelar karya ini, peserta didik di akui atas upaya dan prestasi mereka dalam menjalani pendidikan yang penuh tantangan dan kemandiriannya siswa.

Setiap siswa memiliki kesempatan untuk mewujudkan bakat mereka dalam bentuk penampilan yang menarik, menginspirasi dan menghibur.

Kegiatan gelar karya ini menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendorong kreatifitas serta keberanian siswa untuk mengekspresikan diri mereka masing-masing.

Siswa harus bekerja keras dalam praktik, latihan dan persiapan untuk menciptakan penampilan yang mengesankan.

“Para siswa pun harus belajar untuk tampil di depan penonton dengan percaya diri, harus mampu mengatasi rasa gugup dan harus mampu berinteraksi dengan penonton serta para hadirin undangannya,”ucap Kepsek Yàrmiati.

Komentar