Kolaborasi Kompak, Pemcam Bathin Solapan Bersihkan Sampah di Jalan Siak

BATSOL, DEARYJURNAL.COM – Kamis (2/5/24) pagi, Tim sapu bersih Sampah Kecamatan Bathin Solapan yang terdiri dari UPT Persampahan dan RTH Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkalis, Koramil 03 Mandau, Desa Simpang Padang, Polsek Mandau, Perangkat desa dan masyarakat bertungkus lumus membersihkan badan Jalan Siak dari tumpukan limbah rumah tangga Illegal.

Dibant alat berat yang sudah disiagakan sejumlah pihak, tumpukan limbah yang telah mengeluarkan aroma tidak sedap itu mulai teratasi menjelang tengah hari.

Camat Bathin Solapan, Muhammad Rusydy didampingi Kepala Desa Simpang Padang, Muhammad Nurizan saat ditemui mengaku termotivasi dengan dukungan tim kolaborasi dalam membersihkan limbah rumah tangga yang telah meresahkan masyarakat dan pengguna jalan itu.

“Setelah titik pembuangan sampah Illegal ini selesai, kita akan memantau pergerakan masyarakat pembuang sampah Illegal. Jika tertangkap tangan, sejumlah sanksi telah menunggu, salah satunya dengan Peraturan daerah (Perda) Kabupaten Bengkalis, Nomor 2, Tahun 2015. Denda Rp 2,5 juta,”tegasnya.

Dikatakan Camat, untuk menyadarkan masyarakat akan arti penting kebersihan, pihak telah menyiagakan sejumlah Satuan tugas (Satgas) dan kamera pemantau 24 jam.

“Hati hati, jika tetap bandel, kami akan bawa ke Kantor Desa, difoto dan didata lalu fotonya akan kami pampang serta menandatangani surat pernyataan tidak akan mengulanginya. Ini semua semata mata untuk memberikan efek jera,”ucapnya.

Senada, Danramil Mandau, Arh Jemirianto mengaku senang dapat bahu membahu menyelesaikan permasalahan sampah diwilayah teritorialnya itu.”Ini suatu hal yang menyenangkan dalam rangka Karya Bakhti TNI. Masyarakat dan Upika saling berkolaborasi menegaskan jika kebersihan sebahagian dari Iman,”ungkapnya.

Dikatakan Jemi, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat luas agar membuang sampah pada tempatnya dan tidak lagi menimbulkan permasalahan baru.

Terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Persampahan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kecamatan Mandau, DLH Kabupaten Bengkalis, Harzulkifli mengatakan, dalam kolaborasi itu, pihaknya menerjunkan kekuatan penuh dalam operasi tersebut.

“Alhamdulillah, dibantu alat berat dan serta kolaborasi Pemerintah dan masyarakat, menjelang siang ini tumpukan sampah mulai teratasi. Kedepannya kita berharap ada efek jera untuk masyarakat yang jauh dari kata sadar kebersihan. Buanglah sampah pada tempatnya, kami siap membantu masyarakat dari segi penanganan sampah ini,”pungkasnya.

Komentar