Sebanyak 29 Orang Pengungsi Rohingya, Diamankan Polsek Mandau di Kecamatan Batsol, Kini Menunggu Pihak Imigrasi dari Pekan Baru

DURI, DEARYJURNAL.COM – Warga dikagetkan atas kedatangan Para Pengungsi Rohingya di depan gerbang Tol Bathin Solapan, Desa Bumbung, Kec. Bathin Solapan. Sebanyak 29 Orang Pengungsi Rohingya berada di Depan Gerbang Tol tànpa tujuan yang pasti.

Hal ini diutarakan Kapolsek Mandau Kompol Hairul Hidayat, SIK, melalui penyampaian Bhabinkamtibmas Aipda Johanda. Berawal, pada hari Kamis tanggal 07 Maret 2024 sekira pukul 19.00 Wib Bhabinkamtibmas Desa Bumbung mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya Para Pengungsi Rohingya di depan gerbang Tol Bathin Solapan, Desa Bumbung, Kec. Bathin Solapan.

Selanjutnya, Bhabinkamtibmas mendatangi lokasi dimana terdapat pengungsi Rohingya, sesampai di lokasi karena situasi cuaca dalam keadaan hujan gerimis sekira pukul 20.00 Wib para pengungsi Rohingya tersebut dibawa ke lokasi depan Bank BRI Duri Xlll, Kec. Bathin Solapan.

Terhadap Para Pengungsi Rohingya tersebut warga sekitar lokasi turut memberikan bantuan makanan, adapun jumlah pengungsi yang diamankan di lokasi berjumlah 29 orang diantaranya 5 laki laki, 7 perempuan dan 16 anak serta 1 orang anak bayi.

Para Pengungsi Rohingya tersebut sementara ditempatkan di Ruko depan Bank BRI Desa Bumbung Kec. Bathin Solapan, kemudian dilakukan koordinasi Pihak Polsek Mandau (Bhabinkamtibmas Desa Bumbung) bersama pihak TNI (Babinsa / Koramil 03 Mandau), Pemerintah Desa Bumbung dan Pemerintah Kecamatan Bathin Solapan dengan hasil koordinasi akan memindahkan Para Pengungsi Rohingya tersebut ke Kantor Desa Bumbung, Kec. Bathin Solapan sebagai lokasi penampungan sementara.

Selanjutnya pada pukul 22.00 Wib Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Pemerintah Desa serta Pemerintah Kec. Bathin Solapan mencarikan kendaraan (Mobil Truk) yang akan digunakan untuk memindahkan Para Pengungsi Rohingya menuju ke Kantor Desa Bumbung, Kec. Bathin Solapan.

Dari hasil koordinasi lanjutan antara Pihak Kepolisian Polsek Mandau, TNI / Koramil 03 Mandau, Pemerintah Desa Bumbung dan Pemerintah Kecamatan Bathin Solapan pada hari Jumat tanggal 08 Maret 2024 Camat Bathin Solapan

“beserta Forkopimcam akan datang ke Kantor Desa Bumbung untuk melakukan pergeseran Para Pengungsi Rohingya menuju ke Kantor Imigrasi Pekanbaru “terang Kapolsek Hàirul Hidayat.

 

 

 

Komentar