Baznas Bengkalis Gelar Aksi Kemanusiaan Galang Dana Bantu Palestina

Bengkalis, Blog44 Dilihat

BENGKALIS, DEARYJURNAL.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis menggelar aksi penggalangan dana membantu warga Palestina yang saat ini mangalami krisis kemanusiaan.

Aksi yang mengusung tema “Membasuh Luka Palestina” ini banyak mendapat dukungan, baik dari Pemkab Bengkalis dan Masyarakat Negeri Junjungan.

Dilansir media Baznas Bengkalis TV saat melakukan konferensi pers bersama Wakil Ketua I Baznas Kabupaten Bengkalis Risman Hambali di ruang kerjanya Jl. Lembaga Senggoro. Senin, 20 November 2023.

Komisioner Baznas, Risman Hambali yang membidangi pengumpulan tersebut menyampaikan total donasi yang telah terkumpul di Baznas Kabupaten Bengkalis per tanggal 19 November 2023 sebesar Rp. 434.701.766.

‘’Alhamdulillah dukungan kepada Palestina khususnya dari seluruh masyarakat Bengkalis terus bertambah, besar harapan kami Baznas Kabupaten Bengkalis dapat mengumpulkan hingga Rp. 500.000.000 sampai akhir November 2023,” harapnya.

“Alhamdulillah Ibu Bupati Kasmarni mendonasikan bantuan pribadinya sebesar Rp. 20.000.000 kepada Baznas Kabupaten Bengkalis yang diserahkan langsung pada saat Soft Lounching Mall Pelayanan Publik pada Kamis, 16 November 2023 dan diterima oleh Ketua Baznas Bapak Ismail,” paparnya.

Selain itu terdapat juga banuan dari beberapa Komunitas yang ada diantaranya, dari Persatuan Masyarakat Aceh (PERMASA) sebesar Rp. 53.372.700 yang bersumber dari hasil penggalangan donasi pada kegiatan Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, yang dilaksanakan pada Senin, 13 November 2023 di Stadiun Mini Duri, Bengkalis, Riau dengan menghadirkan Ustadz Abdul Somad.

Bantuan donasi juga datang dari Komunitas Gerakan Creatif Conection (GCC) bersama Bengkalis Music Space (BMS) pada kegiatan Kenduri Kolaborasi Kreasi yang dilaskanakan pada Rabu, 9 November 2023, dimana Baznas Kabupaten Bengkalis diberikan ruang untuk melaksanakan galang donasi dan terhimpun sebesar Rp.4.031.500.

Selanjutnya dari pemuda-pemudi Hangtuah yang tergabung dalam Komunitas PETUAH donasi sebesar Rp. 23.106.700 ditambah 11 Ringgit Malaysia dan 1,050 gram emas. Donasi yang diserahkan PETUAH kepada Baznas Kabupaten Bengkalis merupakan hasil galang donasi pada event Car Free Night yang dilaksanakan pada Sabtu malam, 18 November 2023 bertempat di Jl. Hangtuah Bengkalis.

Sumber donasi berasal dari para pengunjung Car Free Nigth, para pedagang, musisi seperti D’live , Igor Satriani, Dedew Akustik dan dari Musala Nurul Husna Sri Pulau.

Selanjutnya donasi Membasuh Luka Palestine sebesar Rp. 1.223.000 yang bersumber dari penggalangan donasi pada acara Pentas Budaya Pengawasan Pemilu Partisipatif yang ditaja oleh Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Bengkalis bekerjasama dengan Bengkalis Event Organizer (BEO) dan donasi lainnya yang terkumpul berasal dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) baik Instansi, Lembaga, Badan, UPZ Masjid, Musala, Sekolah dan dari para Muzaki perorangan.

“Kami segenap pimpinan dan keluarga besar Baznas Kabupaten Bengkalis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan aksi kepedulian ini terkhusus kepada Pemkab Bengkalis dan semua lapisan masyarakat, termasuk organisasi kemasyarakatan, sekolah, pelajar, mahasiswa, komunitas, dan lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu,” ungkapnya.

Risman Hambali menyampaikan bahwa aksi ini bukan hanya sebagai wujud dukungan kemerdekaan warga Palestine, tetapi juga sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi sulit yang dialami masyarakat Palestine. Selain itu, aksi ini juga menjadi sarana untuk menggalang donasi atas dasar sisi kemanusiaan, karena sangat miris dan tersayat hati Ketika melihat anak-anak tidak berdosa dan balita tewas secara mengenaskan dibantai oleh zionis Israel.

Risman menambah hinggat saat ini pemberitaan terhadap Palestina terus disebarkan melalui media-media dan sosmed agar dukungan baik secara spiritual, material serta dukungan lain terus diberikan.

“Kita syi’arkan bela Palestina melalui aksi galang donasi Membasuh Luka Palestina sebagaimana yang telah di Instruksikan berdasarkan surat edaran Baznas RI Nomor B/3824/DPHNDPHP/KETUA/KD.02.05/X/2023 Tanggal 18 Oktober 2023,” pungkasnya.

Komentar