Peringati HKN dan HAS, Wabup Ajak Pelajar dan Mahasiswa Cegah HIV/Aids

Bengkalis, Blog, Kesehatan169 Dilihat

BENGKALIS, DEARYJURNAL.COM – Berbagi kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dan Hari Aids Sedunia (HAS), dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kesehatan, di Lapangan Tugu, Sabtu, 16 Desember 2023.

Diawali dengan senam bersama, Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Wakil Bupati H Bagus Santoso, hadir dan mengikuti Senam Sehat BBersama tersebut.

Usai senam sehat, dilanjutkan dengan kegiatan seremonial dan pembagian kupon berhadiah kepada seluruh peserta yang mengikuti puncak HKN dan HAS tersebut.

Wabup Bagus Santoso, dalam kesempatan itu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan menghentikan penularan HIV/Aids.

“Terlebih terhadap anak-anak remaja yang masih mengenyam pendidikan baik mulai SMP, SMA atau SMK sederajat, serta mahasiswa. Jangan sampai terpengaruh dengan tindakan seks bebas yang menimbulkan berbagai dampak negatif, salah satunya HIV/Aids yang tidak ada obatnya. Sembuhnya ya bila sudah mati,” ujar Wabup Bagus Santoso.

Di Kabupaten Bengkalis, lanjutnya, saat ini berada di posisi kedua se Provinsi Riau yang terdampak HIV/Aids. Dan yang mendominasi adalah mahasiswa, pelajar serta pegawai negeri dan karyawan swasta ditemukannya.

“Berdasarkan data tahun 2023, tercatat 785 orang yang terdampak HIV/Aids, dan sebanyak 129 terinfeksi. Tentu ini menjadi kekhawatiran kita semua. Maka dari itu kepada adik-adik pelajar dan mahasiswa serta kita semua, jangan sampai hal ini menimpa kita. Karena tidak hanya penyakit yang kita dapatkan bahkan yang lebih parah, bisa mendatangkan musibah untuk daerah kita,” papar Wabup.

Wabup juga meminta agar para pelajar untuk untuk tidak terpengaruh dengan tindakan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

Wabup bersama Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Arh Irvan Nurdin, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Ermanto, Danposal Bengkalis, Letda Laut (E) Nur Johan dan Kabag SDM, Kompol Agus Pranata, juga menyerahkan hadiah utama 4 unit sepeda dan 4 unit TV kepada pemilik nomor undian yang beruntung dalam kegiatan tersebut.

Turut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada unit instansi Kesehatan di Kabupaten Bengkalis, serta hadiah berbagai perlombaan peringatan HKN tahun 2023.

Turut juga mendampingi Wabup, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Aisyah dan dihadiri tamu undangan lainnya serta ratusan pelajar SMA/SMK sederajat di Kecamatan Bengkalis.(S.Astuti)

 

Komentar