Berkunjung ke Area Operasi PHR, Mahasiswa Migas Center UIR Belajar Langsung dari Ahlinya

Blog, Nasional120 Dilihat

DURI, DEARYJURNAL.COM— Mahasiswa yang tergabung di Pusat Informasi dan Edukasi Migas Center Universitas Islam Riau (UIR) berkunjung ke area operasi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan. Kedatangan sebanyak 25 mahasiswa dan dosen ini guna belajar dan melihat langsung proses produksi migas di area operasi PHR WK Rokan di Duri Field, Senin (20/11/2023).

Dari Pekanbaru, para rombongan mahasiswa tersebut terlebih dulu berkumpul di Gabus Office yang merupakan kantor Field Operations Duri (FOD), mereka diberikan ilmu dan pemahaman tentang operasi migas yang mendukung ketahanan energi nasional.

Lalu rombongan bergerak menuju ke lokasi Automatic Well Test (AWT) untuk mengetahui bagaimana proses pengetesan sumur-sumur minyak. Para mahasiswa tersebut tampak antusias belajar langsung ke area operasi migas PHR WK Rokan.

Koordinator Migas Center UIR Fitrianti ST MT menyampaikan terima kasihnya kepada PHR yang telah memberikan kesempatan berharga ini. Menurutnya kegiatan ini menjadi momen untuk para mahasiswa bisa belajar langsung dari para ahlinya.

“Di sini kami bisa belajar banyak hal dan mensinkronkan antara ilmu teori dan praktek di lapangan. Kami bangga sekali PHR memberikan kesempatan ini, harapannya kegiatan ini dapat membuka wawasan mahasiswa tentang industri migas dan tentunya meningkatkan SDM mahasiswa Riau,” katanya.

Fitri mengatakan bahwa banyak sekali ilmu yang didapatkan selama berkunjung ke PHR tersebut. Apalagi, kegiatan tersebut juga sejalan dengan kurikulum. “Dengan kunjungan ini kita bisa mendapatkan upgrade untuk kurikulum kita, dan mahasiswa tahu seperti apa proses migas tersebut. Ini pengalaman yang berharga bagi kami,” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut, tim Field Operation Duri (FOD) secara langsung mendampingi para generasi penerus bangsa yang sedang menjalani studi di kampus tersebut. Manager FOD Wimbo Widjokongko juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa agar belajar lebih giat supaya menjadi engineer hebat di bidang perminyakan.

Terpisah, Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto berpesan, agar para mahasiswa dapat memanfaatkan momen tersebut untuk peningkatan pengetahuan dan ilmu tentang dunia migas.

“Kami turut bangga terhadap semangat dan antusiasme dari para mahasiswa Migas Center UIR untuk belajar langsung ke PHR. Gunakanlah kesempatan ini untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan, kami berharap kelak para mahasiswa dapat menjadi SDM yang unggul untuk kemajuan Provinsi Riau,” tuturnya.

Kegiatan kunjungan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan PHR WK Rokan dalam peningkatan SDM. Selain berfokus pada operasi yang andal dan selamat, PHR WK Rokan juga menyelaraskan program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk menciptakan generasi yang unggul dan mandiri.

“Salah satunya lewat program beasiswa S-1 dan S-2, program magang kerja, magang praktek dan program TJSL di bidang pendidikan lainnya. Kami turut mendukung generasi muda Riau untuk bisa memiliki kompetensi yang unggul demi kemajuan bangsa,” sebut Rudi.

Komentar